TUGAS OODB ” Artikel yang membahas implementasi/ penerapan/ penggunaan OODB di suatu institusi ”

Judul Artikel :

“ Efek Penerapan Horizontal Partitioning, Vertical Partitioning, dan Indexing pada Object Oriented Database ( OODB ) terhadap Response Time Query “

Sumber Artikel (url) :

Sumber Artikel

Kutipan Artikel :

Kutipan artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan satu metode partisi dengan metode partisi lain yakni horizontal partitioning, vertical partitioning, indexing horizontal partitioning, dan indexing vertical partitioning terhadap non-partitioning pada Object Oriented Database ( OODB ) yang diuji secara terpisah untuk setiap metode dapat didapat terhadap response time eksekusi query.

Langkah-langkah yang diambil untuk mencapai tujuan dari kajian ini adalah dengan melakukan eksekusi delapan belas query untuk setiap metode sehingga didapatkan data response time untuk setiap metode dan kemudian dibandingkan dengan menggunakan metode pengujian statistik Friedman Test dan Wilcoxon Signed Rank Test.

Pada kajian ini telah dirangkum mengenai mekanisme penciptaan lingkungan observasi database pada object oriented database yakni oracle, cara pengumpulan data response time, mekanisme analisis dan uji analisis, hingga pengambilan kesimpulan. Hasil eksperimen yang dilakukan menunjukkan bahwa metode partisi dengan performansi terbaik adalah metode horizontal partitioning ,yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata response time paling kecil. Metode indexing vertical partitioning terbaik kedua diikuti secara berurut yakni metode indexing horizontal partitioning , dan metode vertical partitioning.

 

Ulasan singkat dari saudara :

Pada ulasan artikel diatas bahwa penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengujian dari eksperimen terhadap serangkaian objek dengan metode non-partitioning, horizontal partitioning, indexing horizontal partitioning, vertical partitioning, dan indexing vertical partitioning untuk menghasilkan data response time yang berbeda-beda pada object oriented database.

Berdasarkan eksperimen, pengumpulan data, analisis data, dan hasil uji statistika pada kajian telah diimplementasikan sebanyak lima metode partisi yaitu non-partitioning, horizontal partitioning, indexing horizontal partitioning, vertical partitioning, dan indexing vertical partitioning. Untuk mengetahui pengaruh penerapan masing-masing metode telah dilakukan pengukuran dan analisis data response time eksekusi 18 query uji untuk masing-masing metode.

Berdasarkan pengujian keseluruhan metode dan analisis yang melibatkan semua aspek data, dari antara lima metode yang telah diimplementasikan pada kajian ini, metode terbaik yakni metode yang menunjukkan response time eksekusi query dengan nilai paling kecil adalah horizontal partitioning. Metode horizontal partitioning baik digunakan pada kondisi query yang melibatkan partition key dan juga melibatkan GROUP BY atau ORDER BY, metode ini juga sangat baik digunakan pada kondisi query yang melibatkan partition key pada clause where dan metode ini digunakan pada kondisi jumlah kolom yang digunakan lebih besar dari kajian ini yaitu lebih besar dari 7 kolom.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s