Pemodelan Analisis Terstruktur

PEMODELAN DATA
            Pemodelan data menjawab serangkaian pertanyaan spesifik yang relevan dengan aplikasi pemrosesan data. Apakah objek data utama yang akan diproses oleh system ? Bagaimana komposisi dari masing-masing objek data dan atribut apa yang menggambarkan objek tersebut? Dimana objek saat ini berada? Bagaimana hubungan antara masing-masing objek data dan objek yang lainnya? Bagaimana hubungan objek dengan proses yang mentransformasikannya?
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, metode pemodelan data menggunakan ERD. ERD hanya berfokus pada data (sehingga memuaskan prinsip pertama analisis operasional).
Objek Data, Atribut Dan Hubungan
Model data terdiri dari tiga informasi yang saling bergantungan :
  1. Objek Data adalah representasi dari hampir semua informasi gabungan yang harus dipahami oleh perangkat lunak. Maksudnya dengan informasi gabungan kita mengartikan sesuatu yang memiliki sejumlah sifat atau atribut yang berbeda. Contohnya orang atau mobil dapat dipandang sebagai objek data bila salah satu dari mereka dapat didefinisikan dalam bentuk atribut.

Atribut  menentukan properti suatu objek data dan mengambil salah satu dari tiga karakter hyang berbeda. Atribut dapat digunakan untuk :

1.      Menamai sebuah contoh dari objek data
2.      Menggambar Contoh
3.      Membuat referensi kecontoh ke contoh yang lain pada table yang lain.
Sebagai tambahan, satu atribut atau lebih harus didefinisikan sebagai sebuah pengidentifikasi dimana atribut pengidentifikasi akan menjadi sebuah “kunci”. Dalam banyak kasus harga untuk mengidentifikasi adalah unik, meskipun hal itu bukan merupakan persyaratan. Dengan mengacu pada objek data mobil, pengidentifikasi yang bertanggung jawab dapat menjadi ID #.
Hubungan objek data disambungkan satu dengan yang lainnya dengan berbagai macam cara. Andaikan ada dua objek data BUKU dan TOKO BUKU, objek tersebut dapat diwakilkan dengan menggunakan notasi sederhana . misalnya :
·        Toko buku memesan buku
·        Toko buku menampilkan buku
·        Took buku menstok buku
·        Toko buku menjual buku
·        Toko buku mengembalikan buku
Dapat dilihat dengan gambar sebagai berikut  :
Penting untuk dicatat bahwa objek relationship pairs mempunyai dua arah, dimana mereka dapat dibaca dari dua arah. Toko buku memesan buku atau buku dipesan oleh toko buku.
Kardinalitas dan Modalitas
            Kardinalitas  Model data harus dapat merepresentasikan jumlah peristiwa dari objek didalam hubungan yang diberikan. Tiilmann (TIL. 93)  mendefinisikan kardinalitas dari objek – relationship pair dengan cara sebagai berikut :
Kardinalitas merupakan spesifikasi dari sejumlah peristiwa dari suatu (objek) yang dapat dihubungkan kesejumlah peristiwa dari (objek) yang lain. Kardinalitas biasanya diexpresikan secara sederhana ‘satu’ atau ‘banyak’. Dengan mempertimbangkan semua kombinasi dari ‘satu’ dan ‘banyak’ dua objek dapat dihubungkan sebagai :
·        Satu ke satu (1:1)
     Suatu peristiwa dari objek A dapat berhubungan dengan satu dan hanya kejadian dari objek B, dan sebuah peristiwa dari B hanya dapat berhubungan dari satu kejadian A, misalnya : seorang suami hanay dapat memiliki satu orang istri dan seorang istri hanya dapat memiliki satu orang suami (di New Jersey).
·        Satu ke banyak (1:N)
     Suatu kejadian A dapat berhubungan dengan satu  atau lebih kejadian dari objek B, tetapi sebuah kejadian B dapat berhubungan dengan satu kejadian A, misalnya : seorang ibu  dapat memiliki banyak anak, tetapi seorang anak hanya dapat memiliki satu orang ibu saja.
·        Banyak ke banyak (N:N)
     Sebuah kejadian A dapat berhubungan dengan satu atau lebih kejadian dari B, sementara itu sebuah kejadian dari B dapat berhubungan dengan satu atau lebih kejadian dari A, misalnya : seorang paman dapat memiliki banyak keponakan sementara itu seorang keponakan dapat memiliki banyak paman.
Modalitas  dari suatu hubungan adalah nol bila tidak ada kebutuhan eksplisit untuk hubungan yang terjadi atau hubungan itu bersifat optional.modalitas bernilai satu apabila suatu kejadian dari hubungan merupakan perintah.
Entity – Relationship Diagram

Objec-Relationship Pair merupakan batu pertama dari model data. Pasangan ini dapat diwakili secara grafis dengan menggunakan ERD. ERD pada mulanya diusulkan oleh Peter Chen (CHE77) untuk desain system database relasional dan telah dikembangkan. Tujuan utama dari ERD adalah untuk mewakili objek data dan hubungan mereka.

Objek data diwakili oleh sebuah persegi panjang yang diberi label. Hubungan ditunjukkan dengan garis yang diberi label yang menghubungkan objek dalam variasi ERD, garis yang menghubungkan berisi sebuah label permata yang diberi label dengan hubungan tersebut. Sambungan antara data dan objek dan hubungan dibangun dengan menggunakan berbagai macam simbol khusus yang menunjukkan kardinalitas dan modalitas.
Hubungan antara mobil dan pabrik akan dipresentasikan seperti diperlihatkan didalam Gambar : 5.0  satu pabrik membangun satu atau banyak mobil. Diberikan konteks yang diimplikasikan oleh ERD, spesifikasi dari objek data mobil  (lihat pada gambar table 5.0 akan menjadi sangat berbeda dengan spesifikasi sebelumnya  (gambar 2.0) . Dengan mengamati symbol pada akhir garis sambungan antara objek dapat dilihat bahwa modalitas dari kedua peristiwa merupakan keharusan (garis vertical).

            Dengan memperluas model, kita mewakili ERD yang sangat disederhanakan  (gambar 6.0) dari elemen distribusi  bisnis aotomotif.

Notasi ERD juga memberikan suatu mekanisme yang mewakili asosiativitas antar objek, sebuah objek data asosiatif di representasikan seperti diperlihatkan didalam gambar 7.0. didalam gambar tersebut objek data yang memodelkan subsistem individual masing-masing  diasosiasikan dengan objek data mobil.

Pemodelan data dan ERD memberi notasi yang singkat untuk mengamati data didalam konteks aplikasi pemrosesan data kepada analis. Dalam sebbagian besar kasus, pendekatan pemodelan data digunakan untuk menciptakan satu potong analisis, tetapi dia juga dapat digunakan untuk perancangan database dan untuk mendukung metode analisis persyaratan yang lain.

PEMODELAN FUNGSIONAL DAN ALIRAN INFORMASI
Analisis terstruktur dimulai sebagai sebuah teknik pemodelan aliran informasi. Sebuah sistem berbasis komputer direpresentasikan sebagai sebuah transformasi informasi. Sebagai contoh terlihat pada gambar 4.0 keseluruhan fungsi dari sistem tersebut diwakilkan sebagai transformasi informasi tunggal, yang ditulis sebagai gelembung didalam gambar. Satu input atau lebih diperlihatkan oleh anak panah yang diberi label , berasal dari entitas eksternal. Yang direpresentasikan sebagai sebuah kotak. Input mengendalikan transformasi tersebut untuk memproduksi informasi Output yang dilewatkan ke entitas eksternal.
Diagram Aliran Data

            Pada saat informasi mengalir melalui pernagkat lunak, dia dia dimodifikasi oleh suatu deretan transformasi. Diagram aliran data / data flow diagram (DFD) adalah sebuah teknik grafis yang menggambarkan aliran informasi dan transformasi yang diaplikasikan pada saat data bergerak dari input menjadi output. Bentuk dasar  dari suatu aliran data diilustrasikan didalam gambar 4.0. DFD juga dikenali sebagai grafik aliran aliran data atau bubble chart.

DFD tingkat 0 yang disebut juga dengan model system fundamentasi atau model konteks, merepresentasi seluruh elemen system sebagai sebuah bubble tunggal dengan data input dan output yang ditunjukkan oleh anak panah yang masuk dan keluar secara berurutan. Proses tambahan (bubble) dan jalur aliran informasi direpresentasikan pada saat DFD tingkat 0 dipartisi untuk megungkap detail yang lebih. Contohnya, sebuah DFD tingkat 1 dapat berisi lima atau enam bubble dengan anak panah yang saling menghubungkan.

Notasi dasar yang digunakan untuk menciptakan suatu DFD diilustrasikan didalam gambar 5.0

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s